Pengaruh Sosial Network bagi Remaja


Ketika mendengar kata sosial network apa yang terlintas dalam pikiran kita?. Tentunya banyak kan, mulai dari situs-situs sosial network, BBM, Gaul, Chatting dan banyak lagi yang terlintas dalam pikiran kita. Sebagai remaja yang hidup pada zaman sekarang tentunya tidak akan asing lagi kata tersebut. Banyak diantara kita yang sudah mempunyai akun sosial network seperti facebook yang akhir-akhir ini sanga marak dinegara kita, akun twittet, PIN BBM dan banyak lagi yang lainnya. Setiap orang pasti mempunyai alasan tersendiri mengapa  ia harus mempunyai akun socia network seperti facebook atau lainnya. Sebagian besar alasan mereka mengatakan bahwa dia harus mengikuti trend anak muda, adalagi yang mengatakan hanya untuk bersenang-senang ngobrol dengan temannya didunia maya, ataupun adajuga yang memanfaatkannya untuk keperluan bisnis. Semua alasan yang disampaikan mereka tersebut benar adanya. Tapi apakah sebenarnya itu tujuan dari adanya sosial networ tersebut, tentunya pertanyaan tersebut kembali dari diri masing-masing individu, apakah ia sudah menggunakan sosial network tersebut dengan tepat, atau hanya untuk beralar-ria saya, tentunya hal yang harus dipertanyakan bagi setiap ndividu yang mempunyai akun sosial network.

Baiklah setelah meembaca beberapa kalimat diatas, tentunya banyak pertanyaan yang penting untuk dijawab. Salah satunya yaitu apakah kita suda memanfaatkan akun sosial network kita seperti yang seharusnya atau malah menjadikan waktu kita terbuang begitu saya. Baik mari kita bahas bersama-sama. Ada beberapa kekeliruan mengenai penggunaan sosial network, seperti menggunakan akun sosial network secara berlebihan, nah penggunaan yang bagai mana bisa dikatakan berlebihan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak beberapa contoh kasus berikut ini.
"Jack adalah mahasiswa di suatu perguruan tinggi di Indonesia, dia sering chat dengan teman-teman facebooknya setiap hari dan menghabiskan banyak waktu untuk hanya digunakan buat update status, chat ataupun like foto2 saja. Jika dihitung-hitung hampir sebagian waktu yang ia punya hanya habis digunakan untuk aktivitas tersebut. Sedangkan Sam adalah seorang Internet marketer yang pekerjaannya mempromosikan produk2 yang di jualnya melalui internet dan banyak juga menggunakan sosial network guna keperluan promosi. Ia berkerja hampir sepanjang hari dan sebagian waktunya juga banyak digunakan untuk membuka akun sosial network guna memposting produk2 barunya di sosial network tersebut"
Nah, apakah anda sudah mendapatkan banyangan penggunaan sosial network yang bagaimanakah yang berlebihan. Kalau belum mari kita ulas, si Jak atau si Sam kah yang menggunakan akun sosial network yang berlebihan. Jak menggunakan akun sosial network hanya untuk chat dan update status saja. Sedangkan Sam menggunakan untuk kebutuhan lain, terlebih lagi ia menggunakan akun sosial netwok untuk keperluan pekerjaan, untuk meningkatkan promosinya tentunya dapat dikatakan Sam menggunakan akun sosial network tersebut untuk keperluan kerja bukan sekedar senang-senang layaknya yang dilakukan Jak. Walaupun waktu yang dihabiskan oleh mereka berdua adalah sama, tatapi dengan tujuan yang berbeda, tentunya hal tersebut yang membedakan mereka dalam hal penggunaan sosial network berlebihan atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda di sini . . . .!